Inilah 3 Opsi Dari PGRI Untuk Atasi Honorer Kategori 2

Pengurus Besar (PB) PGRI memberikan tiga opsi penanganan honorer kategori dua (K2). Jumlah tenaga honorer secara nasional mencapai 800 ribu.

"Namun yang masuk data base K2 sebanyak 400 ribu," jelas Dian Mahsunah, Wakil Sekjen PB PGRI di Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang, Senin (21/11/2016).

Karena itu, tidak mungkin semuanya bisa diangkatkan sebagai CPNS. "Pertama, kami mengusulkan jika ada penerimaan formasi CPNS, K2 diprioritaskan terutama bagi yang sudah lama pengabdiannya," kata Dian.

Hasil gambar untuk honorer k2

Kedua, secara bertahap kepala daerah mengangkat mereka sebagai honorer daerah (honda). Dengan begitu, mereka bisa mengikuti sertifikasi karena sudah jadi guru tetap meski belum jadi PNS.

Namun setidaknya dari insentif sertifikasi bisa membantu mereka. "Yang ketiga yang sedang diperjuangkan adalah honor mereka ada nilai minimalnya," ungkap wanita berhijab ini.

Ini, lanjutnya, sedang berusaha diperjuangkan ke Kemendikbud. "Entah nanti akan keluar PP atau apa. Namun juga masih wacana. Sebab jika ada nilai minimal honor mereka, sekolah pasti juga keberatan," katanya.

Hal itu mungkin jadi pertimbangan tersendiri. Sebab kemampuan tiap sekolah-sekolah di daerah tidak sama untuk menggaji guru honorer. Ia merasa sedih karena ada guru honorer dibayar Rp 500 ribu yang masih kalah dengan buruh.

Sehingga untuk memperjuangkan minimal sama dengan UMK juga masih wacana. Misalkan UMK 2017 di Kota Malang Rp 2,2 juta. Pastinya, lanjutnya, sekolah juga berat.

"Makanya saya mengapresiasi guru non PNS Kota Malang mendapat bantuan Rp 450 ribu per bulan. Ini membantu mereka," kata Diah.

Sehingga bisa membantu kesejahteraan guru honorer. Namun kondisi di tiap daerah tidak sama kekuatan APBD-nya seperti Kota Malang.

Sumber : suryamalang.tribunnews.com

Demikian informasi yang kami sampaikan . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.infopgridankepegawaian. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 3 Opsi Dari PGRI Untuk Atasi Honorer Kategori 2"

Posting Komentar