CALON GURU WAJIB IKUTI TES PSIKOLOGI

Kasubdit Akademik Ditjen Belmawa Kemerinstek Dikti, Edi Mulyono, melontarkan wacana agar seleksi masuk pendidikan guru di perguruan tinggi harus ada tes psikologi.

"Ini untuk mengetahui passion-nya menjadi guru," kata Edi dalam seminar nasional PPG (Pendidikan Profesi Guru) di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), Kamis (24/11/2016).

Di seminar itu, ia membawakan materi ‘Penyiapan Guru Profesi Berkarakter di Era Globalisasi’.

 Dikatakan dia, jangan sampai masuk pendidikan guru karena tidak diterima di fakultas lain.

Hasil gambar untuk CALONGURU

"Nanti akan dirancang aturan menjadi guru harus diseleksi dengan tes psikologi," katanya.

Hal ini yang masih belum dilakukan perguruan tinggi. Menurut dia, untuk menjadi guru tidak cukup hanya dengan ujian tulis.

Ia juga menyampaikan ke peserta bahwa IPK tinggi tidak menjadi jaminan sukses. Karena itu, perlu membekali diri dengan keterampilan lain seperti komunikasi dan kepemimpinan di era global.

Dijelaskan juga, guru adalah kunci peningkatan SDM. Karena itu guru harus profesional dan berkarakter.

Namun sayangnya, kata dia, tidak semua LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) kualitasnya bagus. Misalnya belum memiliki sekolah mitra, sarana prasarana, asrama, dll.

Sementara itu, terkait permasalah guru, masih adanya ketidakmerataan distribusi guru meski di Jawa.

Selain itu masih ada guru yang mengajar tidak sesuai kompetensinya. Yaitu yang mengajar matematika kadang bukan dari guru pendidikan matematika. Begitu juga guru agama.


Demikian informasi yang kami sampaikan . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.infopgridankepegawaian. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CALON GURU WAJIB IKUTI TES PSIKOLOGI"

Posting Komentar