UN Dihapus,Ini Dia GEBRAKAN Baru Mendikbud

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, berdasarkan berbagai kajian maka pihaknya akan melakukan kebijakan moratorium Ujian Nasional (UN) dan menggantikannya dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Image result for mendikbud muhajir ujian nasional

Muhadjir menyebutkan, USBN tahap kesiapan telah mencapai 70 persen. Dalam hal ini tinggal dijalankan saja, jika keputusan rapat terbatas (Ratas) sepakat moratorium UN.

"Bahannya telah siap 70 persen, tinggal diproduk (dijalankan-red) seja. Tapi ini masih wacana tunggu Ratas," kata Muhadjir usai Rapat kerja (Raker) bersama Komisi X DPR RI tentang Wacana Moratorium Ujian Nasional di Gedung Nusantara II, Jakarta,Kamis(1/12).

Selanjutnya, dijelaskan Muhadjir konsep pelaksanaan USBN dimaksud sebagai upaya pemberdayaan guru melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran(MGMP). Dalam hal ini guru dilibatkan dalam membuat soal untuk USBN didampingi oleh Badan Standar Nasional Pendidkan (BNSP)

Selain itu, Muhadjir juga menyebutkan, sistem soal pada USBN berbeda dengan UN. USBN tidak hanya menyertakan soal piliahan ganda. Tetapi ada soal esai untuk mendeteksi kemampuan berpikir kritis siswa. Pasalnya, selama ini siswa tidak diujikan hingga tahap ini.

Lebih lanjut, Muhadjir juga menjelaskan, untuk mengkur standar nasional, pada pelaksanaan USBN, 25 persen soal disusun oleh pusat berdasarkan masukkan dan pertimbangan KKG dan MGMP.

Sementara untuk anggaran, Muhadjir menuturkan, berkisar hingga RP 1 triliun untuk melaksanakan kebijakan tersebut. Meksi demikian, Ia mengaku belum menghitung anggaran pelaksanaan USBN masih dalam kisaran saja.

Muhadjir menjelaskan, anggaran yang pelaksanaan USBN tidak membebankan daerah. Pihaknya akan mengunakan anggaran dari alokasi UN 2017 serta ditambahkan dari Direktorat Dikdamsen dan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

"Tapi ini bukan anggaran USBN melulu, ada anggaran lainnya. Karena ini program ganda pembinaan guru dan USBN dalam waktu bersamaan," ujarnya.

Muhadjir juga menuturkan, untuk menguji kemampuan siswa, USBN nantinya juga akan mencakup seluruh mata pelajaran dan akan memasukan konten lokal maupun titipan nasional.

Demikian info ini kami sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan terimaksih sudah mengunjungi laman kami...
Silahkan di share...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UN Dihapus,Ini Dia GEBRAKAN Baru Mendikbud "

Posting Komentar